5 Aplikasi Pendingin untuk Android agar Tidak Panas

Advertisements

Aplikasi Pendingin untuk Android agar Tidak Panas – HP Android membuat kamu lebih nyaman menggunakan HP dalam waktu lama, mulai dari chatting dengan teman hingga media sosial. Namun tahukah kamu bahwa HP Android bisa menjadi panas saat digunakan dengan intensitas tinggi?

Saat kita sering menggunakan HP, suhu panas yang terjadi ada di dalam CPU. Beberapa aktivitas yang diketahui membuat HP panas adalah bermain game, browsing, dan menggunakan beberapa aplikasi sekaligus.

Membiarkan HP terkena suhu panas akan merusaknya seiring waktu. Kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh seringnya terpapar suhu tinggi, yang membuat baterai mudah terkuras, layar menjadi tidak responsif, dan mesin mati karena kepanasan.

Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi agar HP tidak cepat panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Solusinya sangat mudah karena dapat menginstal aplikasi pendingin Android di HP kamu. Nah, Odac telah menyusun daftar aplikasi terbaik untuk mendinginkan HP Android kamu.

1. One Booster

One Booster juga telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android. Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif yang ramah pengguna dan dapat dengan mudah membersihkan file cache dan sampah untuk membebaskan RAM HP.

One Booster dapat mengoptimalkan dan mempercepat HP Android kamu hanya dengan satu ketukan. One Booster juga dapat mempercepat pemrosesan HP kamu dengan memindai dan membersihkan cache dan file sampah di HP kamu.

Selain itu, One Booster juga dapat berfungsi sebagai pendingin CPU yang dapat mendinginkan suhu CPU HP Android hanya dengan satu ketukan. Aplikasi ini juga dapat membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang sedang berjalan.

2. KeepClean

KeepClean adalah aplikasi pengoptimalan perangkat Android all-in-one yang mengintegrasikan pembersih telepon, pengoptimal RAM, antivirus, penghemat baterai, dan lainnya untuk kinerja dan keamanan yang optimal. Hingga saat ini, KeepClean telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Salah satu fiturnya, pendinginan CPU, melakukan analisis mendetail terhadap ribuan aplikasi untuk mengurangi konsumsi CPU dan mencegah panas berlebih pada perangkat. Lalu ada Game Booster, yang menutup aplikasi latar belakang yang tidak terpakai untuk membebaskan RAM dan meningkatkan kinerja HP kamu.

3. Nox Cleaner

Dengan lebih dari 50 juta pengguna, Nox Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih dan pendingin HP Android paling efektif.

Dengan mekanisme canggih seperti Pembersih Cache, Pembersih Sampah, Pembersih Penyimpanan, Pembersih Memori, Pembersih Iklan, Pembersih Nox tidak hanya dapat menambah ruang penyimpanan HP, tetapi juga meningkatkan kinerja HP kamu.

Tidak hanya itu, Nox Cleaner juga dapat berfungsi sebagai sistem antivirus dengan pemindai virus, penghapus virus, dan perlindungan virus, memungkinkan pengguna Android untuk melindungi perangkat mereka dari potensi ancaman keamanan atau kerentanan privasi.

Untuk mendinginkan HP, Nox Cleaner secara cerdas mendeteksi dan mematikan aplikasi yang menguras baterai untuk mengurangi penggunaan CPU, menurunkan suhu HP, yang sangat berguna bagi pengguna saat menonton video atau bermain game.

4. Alpha Cooler – 7 Labs, Ltd

Aplikasi Alpha Cooler dari 7 Labs, Ltd dinilai efektif untuk menurunkan suhu HP. Saat mencoba menggunakannya di HP Android, aplikasi segera mendeteksi suhu HP dan memberi tahu penyebabnya.

Aplikasi tersebut memiliki fitur pencarian aplikasi yang membuat suhu HP menjadi lebih panas. Fitur ini untuk mempertimbangkan apakah akan menggunakan aplikasi atau tidak.

Secara tampilan, aplikasi ini sangat sederhana. Hanya ada tiga indikator: suhu, CPU dan RAM. Jika bingung, aplikasi memiliki petunjuk dan penjelasan mengapa HP kepanasan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini?

5. Cooling Master – Powerful Dev Apps

Cooling Master by Powerful Dev Apps, tidak jauh berbeda dengan Alpha Cooler, juga bisa mendinginkan HP yang overheat secara otomatis. Ia bahkan dapat mendeteksi aplikasi mana yang menyebabkan panas berlebih.

Aplikasi ini memiliki lebih banyak fitur daripada Alpha Cooler. Panggilan seperti penghemat daya dan kunci pintar.

Kedua fitur ini bekerja dengan baik. Bahkan, fitur kunci pintar dapat memberi beberapa informasi penting seperti level baterai, indikator CPU dan RAM, serta suhu HP .

Setiap kali mencoba menggunakan fitur tersebut, aplikasi Cooling Master ini akan meminta izin terlebih dahulu. Ya, aplikasi tersebut memiliki iklan yang muncul dengan suara iklan. Untungnya, jika suaranya mengganggu, kamu dapat membisukannya di pengaturan aplikasi.

Semua aplikasi pendingin Android di atas bisa diunduh dari Google Play Store. Juga, semua aplikasi ini tidak dapat di-root dan gratis untuk diunduh. Cobalah aplikasi kami agar dapat beraktifitas dengan HP Android kamu tanpa takut kepanasan lagi.