5 Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop

Advertisements

Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop – Aplikasi coding biasanya berisi baris-baris kode yang diperlukan pemrogram untuk membuat aplikasi. Semakin banyak baris kode yang diselesaikan, aplikasi yang dihasilkan lebih dioptimalkan. Aplikasi coding memungkinkan pemrogram untuk mengatur aplikasi baru dengan mengatur baris-baris kode ini.

Aplikasi coding yang berbeda juga memiliki spesifikasi yang berbeda. Ada yang memiliki fitur sederhana, ada yang berfitur lengkap, bahkan ada yang menawarkan berbagai plugin tambahan. Pemrogram biasanya memilih aplikasi coding yang memberikan bahasa pemrograman yang sesuai dan lengkap.

Namun yang terpenting, aplikasi ini harus kompatibel dengan sistem operasi PC kamu. Programmer juga akan senang jika aplikasi coding mereka cukup ringan, kompatibel (dapat digunakan di sistem operasi apa pun), dan dapat diintegrasikan dengan program lain. Berikut sederet aplikasi coding di PC yang tersedia versi OdaC.

1. Visual Code Studio

Begitu juga dengan aplikasi coding yang dibuat di Windows ini memiliki tampilan yang sederhana namun menarik. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Visual Code Studio secara gratis alias gratis.

Tidak memerlukan biaya, tetapi fitur yang ditawarkannya cukup kompetitif, seperti pintasan keyboard, pelengkapan otomatis baris kode, menyembunyikan menu dan ikon menggunakan mode Zen, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi coding yang mendukung bahasa pemrograman C# kini dapat mendukung lebih banyak bahasa pemrograman. Termasuk adanya perintah-perintah khusus yang dapat bernavigasi antara satu fungsi dengan fungsi lainnya.

Nah, aplikasi coding ini memudahkan programmer karena mengintegrasikan Git dan Debugging sendiri untuk menginvestigasi dan menemukan kesalahan pada baris-baris kode. Pengguna yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dapat langsung mengunjungi link ini.

2. Sublime Text

Aplikasi coding ini cukup kompatibel karena tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Namun, dari ketiganya, Linux adalah sistem operasi yang paling kompatibel untuk aplikasi Sublime Text. Selain menawarkan performa maksimal dan jangkauan tampilan yang luas namun tetap sederhana, Sublime Text sangat ramah untuk berbagai pengembangan.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk jangka waktu tertentu. Di sisi lain, bersama dengan lisensi aplikasi, harus membayar sekitar USD 70 untuk fitur lengkap seperti kemampuan untuk berpindah proyek secara instan, menyesuaikan apa saja, memindahkan apa saja, palet perintah, multi-pilihan, mode bebas gangguan, pengeditan terpisah dan plugin API.do.

Sublime Text sangat mudah digunakan, bahkan pada perangkat dengan sumber daya terbatas. Dengan banyaknya plug-in, aplikasi ini cocok untuk programmer khususnya web developer. Tertarik untuk mencobanya?

3. Notepad++

Aplikasi coding ini sangat programmer friendly. Alasannya adalah aplikasi Windows asli yang dikembangkan di Notepad. Namun, aplikasi ini dapat didistribusikan sebagai perangkat lunak gratis yang dapat ditambahkan banyak plugin. Notepad ++ terkenal untuk menampilkan jendela tab, sehingga kamu dapat membuka banyak file sekaligus.

Selain itu, aplikasi coding ini memiliki banyak fitur canggih seperti pemendekan teks, perekaman makro, kustomisasi pintasan, pelengkapan otomatis, dan lainnya. Notepad++ yang bisa kamu dapatkan secara gratis ini memiliki GUI dan berbagai bahasa pemrograman antara lain Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL , VB dan XML.

4. Emacs

Dirilis pada tahun 1975, aplikasi coding ini dibuat oleh Richard Stallman bersama Guy L. Steele, Jr. hingga terciptalah akronim ‘MACroS Editor’. Setelah aplikasi ini, Richard Stallman kembali mengembangkan aplikasi coding yang kini sudah dikenal banyak programmer, yaitu GNU Emacs dan XEmacs.

Aplikasi ini dibuat oleh Richard Stallman dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan Lisp. Emacs sendiri hadir dengan pengelola file dan melengkapinya dengan Subversion, bzr, git, hg untuk fitur lain termasuk menampilkan email, debugger, dan berita. Umumnya, aplikasi coding ‘Emacs’ banyak digunakan oleh pengguna Linux. Ingin mencobanya?

5. Komodo Edit

Komodo Edit adalah aplikasi coding yang kompatibel dan dapat digunakan di semua jenis sistem operasi: Windows, Mac OS, atau Linux. Siapapun bisa melakukannya!

Diluncurkan pada tahun 2007, aplikasi coding ini sudah lama digandrungi para programmer dengan segala fiturnya dan berbagai macam bahasa pemrograman, antara lain HTML, SQL, CSS, Python, PHP, dan Ruby.

Tidak hanya sempurna, tetapi fitur-fitur ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat digunakan dengan OS apa pun! Kamu punya aplikasi coding favorit? Silahkan beritahu kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar.