5 Aplikasi untuk Membuat Flowchart

Advertisements

Aplikasi untuk Membuat Flowchart – Baik kamu sedang mengembangkan ide, alur kerja, atau merancang proyek, aplikasi Flowchart Builder dapat membantu menyederhanakan proses pembuatan. Meskipun aplikasi ini pada awalnya tidak tampak seperti investasi, aplikasi ini tidak hanya dapat membantu menjelajahi kreativitas bisnis dan bertukar pikiran, tetapi juga kemungkinan harganya jauh lebih murah daripada papan tulis.

Tidak semua aplikasi diagram alir memiliki kualitas yang sama, tetapi yang terbaik semuanya memiliki fitur inti yang sama, seperti templat default dan objek yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk membantu kamu memilih aplikasi membuat flowchart terbaik untuk kebutuhan, artikel ini telah merangkum 5 aplikasi terbaik untuk membuat flowchart. Yuk simak pembahasannya.

1. yED Graph Editor

yED Graph Editor adalah aplikasi desktop lintas platform gratis yang kuat yang dapat digunakan untuk membuat diagram dengan cepat dan efektif. Aplikasi ini tersedia untuk semua platform utama seperti Windows, Unix/Linux, Mac OS X.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis diagram yang memungkinkan pengguna membuat diagram secara manual atau mengimpor data eksternal untuk manipulasi atau analisis. yED juga dapat digunakan untuk membuat bagan organisasi, peta pikiran, diagram swimlane, ERD, dan lainnya.

Fitur utama aplikasi termasuk antarmuka pengguna yang intuitif, impor data eksternal dari spreadsheet Excel, ekspor bitmap dan grafik vektor, dan pengaturan otomatis elemen bagan. YEd mudah digunakan bahkan untuk pemula, sekaligus memberikan kontrol yang dibutuhkan para ahli.

2. Corel MindManager

Pengguna yang ingin membuat flowchart dengan mudah dapat menggunakan Corel MindManager. Berbagai jenis diagram dapat dibuat dengan berbagai template. Corel MindManager menawarkan alat yang sangat lengkap dengan antarmuka pengguna yang ramah pengguna.

Ada paket langganan khusus profesional yang harganya sekitar $160 atau Rp240 per tahun. Ingin mencoba Corel MindManager? Download langsung di sini. Uji coba gratis tersedia selama 30 hari.

3. GitMind

GitMind adalah alat online gratis yang dapat digunakan untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram UML, diagram tulang ikan, diagram pohon, dan banyak lagi. Aplikasi ini dilengkapi dengan sejumlah template diagram alir untuk dipilih.

Antarmuka aplikasi ini sangat bersih, sehingga mudah dipelajari dan dikuasai. Bahkan format bagan alir yang paling umum dan sering digunakan pun dirancang dan diatur agar mudah diakses bila diperlukan. Untuk mulai membuat struktur diagram alir, yang perlu kamu lakukan hanyalah menjalankan fungsi seret dan lepas sederhana.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengekspor gambar ke berbagai format file seperti PDF, PNG, JPEG, dan SVG. Kamu juga dapat mengatur kata sandi untuk diagram alur dan membaginya dengan tim Kamu. Semua fitur ini menjadikan GitMind alat bagan alur yang bagus untuk pemula.

4. Microsoft Visio

Aplikasi ini sepertinya sudah sangat populer. Microsoft Visio adalah alat populer untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram, denah lantai, desain teknik, dan banyak lagi. Aplikasi ini memungkinkan anggota tim untuk mengerjakan diagram secara bersamaan.

Kamu dapat menghubungkan bagan alur dan diagram yang dibuat ke data real-time sehingga setiap perubahan yang terjadi pada data dasar tercermin melalui pemformatan bentuk yang diterapkan. Versi web Microsoft Visio tersedia di mana saja di browser apa pun.

Dalam hal kegunaan dan fungsionalitas, MS Visio memiliki beragam diagram dan template grafik. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna. Itu karena ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang unik dan berbeda.\

5. Miro

Berikutnya adalah Miro. Layanan membuat diagram alir ini memiliki fungsi lengkap dan opsi template. Kamu dapat menyesuaikan membuat diagram alir sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu dapat bertukar pikiran dengan teman di tempat kerja, kampus, atau sekolah. Tambahkan papan tim dan buat bagan alur dengan kolega secara online.

Miro dilengkapi dengan banyak alat yang berguna. Diantaranya adalah opsi untuk menambahkan sticky notes, stiker, kanban, mengubah tampilan flowchart, dan lainnya. Beberapa fitur hebat seperti pemungutan suara dan obrolan video tidak dapat diakses secara gratis. Kamu harus terlebih dahulu memutakhirkan paket langganan. Tarif mulai dari $8 per bulan atau sekitar Rp120.000.

Santai dan jangan takut kesulitan saat menggunakan Miro. Aplikasi ini menyediakan tutorial untuk semua pengguna yang baru menggunakannya.