5 Aplikasi Screenshot untuk Memotret Layar Android

Advertisements

Aplikasi Screenshot untuk Memotret Layar Android – Semua ponsel Android biasanya memiliki fitur screenshot bawaan. Fitur ini sebenarnya sangat berguna untuk mengambil gambar di layar perangkat Android kamu secara real time. Namun pada umumnya fungsi screenshot bawaan smartphone hanya bisa mengambil gambar saja.

Sementara itu, aplikasi tangkapan layar yang tersedia di Google Play Store biasanya tidak hanya mengambil tangkapan layar, tetapi juga memungkinkan kamu mengedit, menambahkan teks, atau melakukan banyak tindakan lainnya.

Nah, berikut ini Odac telah merangkum 6 aplikasi screenshot Android pilihan. Aplikasi canggih ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang kurang puas dengan fitur screenshot bawaan perangkat Androidnya.

1. Screen Master

Jika mencari aplikasi ringan yang memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar, sebaiknya download Screen Master. Aplikasi ini membutuhkan kurang dari 5 MB ruang di HP kamu. Meski ringan, Screen Master cukup bagus untuk tangkapan layar.

Screen Master menjamin pengguna mendapatkan tangkapan layar dalam resolusi HD. Selain itu, hasilnya bisa langsung disimpan sebagai screenshot ke memori eksternal HP. Ada tiga cara untuk mengambil screenshot di Screen Master: Floating Button, Shake Device, dan Web Capture.

2. Screenshot Assistant

Screenshot Assistant adalah aplikasi tangkapan layar yang mudah dioperasikan untuk Android. Setelah menginstal aplikasi di HP kamu, kamu hanya perlu mengatur izin akses aplikasi ke yang direkomendasikan. Aplikasi Screenshot Assistant kemudian langsung memberi tahu kamu saat aplikasi siap digunakan.

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan asisten tangkapan layar, tahan tombol beranda selama beberapa detik. Screenshot yang dihasilkan langsung ditampilkan di layar HP, dan kamu dapat mengeditnya dengan menambahkan teks atau memotong gambar sesuai kebutuhan. Aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis di sini.

3. Screenshot Easy

Seperti namanya, Screenshot Easy membantu pengguna mengambil screenshot dengan cara yang mudah dan praktis.

Ini adalah aplikasi gratis yang menangkap layar dengan berbagai cara. Kamu dapat mengambil screenshot dengan terlebih dahulu menekan tombol “Power” dan “Volume”. Cara kedua adalah dengan menekan “Power” + “Home”.

Dua metode di atas mengambil tangkapan layar hanya dalam 2 detik. Jika merasa kesulitan untuk menekan kedua tombol tersebut, Screenshot Easy menyediakan fungsi untuk menangkap layar dengan menggoyangkan ponsel dan ikon notifikasi. Jika demikian, metode mana yang akan digunakan?

4. Screenshot touch

Tangkapan layar di Android kini mudah dan praktis. Hanya dengan satu sentuhan, layar kamu secara otomatis akan mengambil tangkapan layar secara otomatis. Ya, aplikasi yang dikembangkan oleh Daejung Kim ini sebenarnya cukup bagus dalam menangkap layar.

Dalam aplikasi bernama Screenshot touch, pengguna bisa menikmati fungsi screenshot dengan menyentuh layar atau area notifikasi, atau menggoyangkan bodi ponsel. Tangkapan layar sentuh juga memiliki fitur perekaman video untuk layar kamu. Cukup selesai, bukan?

5. Screenshot dan Screen Recorder

Jenis metode screenshot bisa dipilih pada aplikasi Screenshot dan Screen Recorder. Ada dua cara untuk mengambil screenshot di aplikasi ini. Yang pertama menggoyangkan ponsel dan yang kedua mengklik tombol tertentu satu kali.

Ada hal menarik lainnya dari aplikasi ini yaitu screen recorder. Jadi, Screenshot & Screen Recorder tidak hanya dapat digunakan sebagai fungsi screenshot, tetapi juga sebagai aplikasi perekam layar. Cukup bagus, bukan?

6. Screenshot Capture – Tri Core

Aplikasi berikut disediakan oleh Screenshot Capture – Tri Core mengambil screenshot dalam hitungan detik. Saat menggunakan aplikasi ini, cukup tekan tombol “Start”.

Ikon lensa kamera kemudian akan muncul di layar HP kamu. Nah, kamu bisa mengambil screenshot dengan mengetuk ikon tersebut. Seperti kebanyakan aplikasi lain, Tangkapan Layar menyediakan kemampuan pengeditan untuk gambar tangkapan layar. Kamu dapat menambahkan filter atau teks dan memotong gambar sesuka.

Aplikasi ini sebenarnya cukup lengkap, namun dibandingkan dengan Screenshot Assistant, aplikasi ini masih kurang praktis karena mengandalkan ikon kamera yang mengambang di layar. Sedangkan Screenshot Assistant hanya mengharuskan pengguna menekan tombol home.

Poin ketidakpuasan ini akan membuat kamu menginginkan aplikasi tangkapan layar Android berfitur lebih lengkap. Nah aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan memilih salah satu aplikasi yang kami sediakan diatas.