6 Ide Bisnis Pertanian yang Harus Dicoba

Advertisements

6 Ide Bisnis Pertanian yang Harus Dicoba – Senangnya punya bisnis yang bisa dikerjakan di rumah. Apalagi uang yang ditawarkan dalam bisnis rumahan juga cukup menjanjikan. Salah satu ide bisnis rumahan yang harus kamu coba adalah bercocok tanam.

Ide bisnis pertanian yang satu ini banyak peminatnya karena produk yang ditawarkan begitu beragam. Hasil bumi juga termasuk dalam kebutuhan pokok kita sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan penting yang perlu kita makan setiap hari.

Hal inilah yang menyebabkan permintaan akan produk pertanian selalu tinggi. Tergantung perkembangan zaman, usaha pertanian juga bisa dijalankan dari rumah. Kamu bisa menjadi petani modern dengan menerapkan lebih banyak teknik dan media tanam yang berbeda untuk menghasilkan produk yang lebih sehat dan aman.

Berikut beberapa ide bisnis pertanian yang bisa dijalankan di rumah, seperti yang telah dirangkum oleh tim Odac.

1. Tanaman organik

Ide pertama untuk menjalankan bisnis pertanian rumahan adalah menyediakan tanaman organik. Antusiasme terhadap produk ini cukup tinggi karena tidak ada bahan kimia yang digunakan dalam proses penanamannya.

Dengan begitu, produk organik diyakini lebih sehat dan berkualitas. Informasi cara dan tips menjalankan bisnis tanaman organik ini bisa di temukan di internet atau di buku-buku pertanian.

Bisa juga melalui senior yang baru pertama kali memulai bisnis ini. Dengan begitu dapat lebih memahami tentang bisnis tanaman organik kamu, meminimalkan potensi kerugian.

Padahal, tanaman organik butuh waktu lebih lama untuk dipanen. Namun jika kualitasnya lebih sehat dan terjamin, pelanggan tidak akan keberatan menunggu.

2. Tanaman Obat

Bagi sebagian orang, tradisional atau herbal masih menjadi pilihan utama. Keyakinan akan minimnya risiko penggunaan obat ini menjadi alasan utamanya.

Apalagi di era pandemi COVID-19 belakangan ini, obat-obatan tradisional semakin banyak diburu karena dipercaya ampuh mencegah dan mengobati virus tersebut.

Ini pasti bisa menjadi peluang yang menjanjikan dalam bisnis pertanian rumahan kamu. Lahan yang ada di rumah bisa manfaatkan untuk menanam berbagai tanaman obat yang kemudian bisa diracik menjadi tanaman obat.

Setelah itu, kamu bisa memasarkan secara offline atau online. Dengan begitu, tanaman herba di pekarangan tetap menguntungkan.

3. Bibit Tanaman

Ide selanjutnya untuk memulai agribisnis di rumah adalah menjual bibit tanaman. Ide ini sangat menjanjikan karena selalu memiliki banyak peminat.

Biasanya, pembeli akan membutuhkan bibit tanaman untuk keperluan usaha atau hobi bercocok tanam. Kami dapat menyediakan bibit berbagai jenis tanaman, antara lain sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.

Kami berusaha memberikan benih dengan kualitas terbaik agar pelanggan kami puas dan kembali lagi. Jangan lupa untuk selalu mengecek informasi terbaru tanaman yang sedang banyak diminati. Hal ini diperlukan agar tidak ketinggalan tren yang pada akhirnya akan mengecewakan pembeli.

4. Tanaman Rempah

Jika bisnis tanaman obat sudah dijelaskan di atas, maka bisa ditambah dengan bisnis rempah-rempah. Jenis tumbuhan ini juga banyak peminatnya karena tidak semua daerah memiliki jenis rempah tertentu yang tersedia.

Menawarkan aneka bumbu yang lengkap bisa menarik lebih banyak pembeli, apalagi jika pangsa pasar kamu mencakup luar kota atau bahkan luar negeri. Kami dapat bekerja sama dengan beberapa petani lokal di daerah untuk menyediakan rempah-rempah yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi permintaan yang tinggi dan mempertahankan bisnis rempah-rempah.

5. Menjual Pupuk

Bisnis pertanian lain yang tidak terlalu menguntungkan adalah penjualan pupuk. Pasalnya, pupuk merupakan unsur penting dalam pertumbuhan tanaman.

Semakin tinggi kualitas pupuk yang digunakan maka produk yang dihasilkan akan semakin baik. Jika mempelajari proses pembuatan pupuk di Internet atau di buku, kamu bisa memulainya dengan ide menjual pupuk.

Jika tidak bisa membuat sendiri, kamu bisa menjadi reseller dari produsen pupuk yang sudah mapan. Dengan begitu masih bisa mendapatkan uang ekstra.

6. Blogger Pertanian

Jika kamu tidak bisa langsung menanam atau menjual produk, bisa melanjutkan usaha pertanian dengan menjadi blogger.

Ya, nantinya kamu bisa menulis artikel atau pengetahuan seputar dunia pertanian, seperti jenis-jenis tanaman, manfaatnya, cara menanamnya, dll di halaman blog kamu. Ide ini cukup menarik karena tidak membutuhkan banyak modal.

Semakin banyak orang mengakses blog, semakin besar kemungkinan kamu menarik perhatian perusahaan yang ingin beriklan di blog kamu. Dengan begitu masih bisa menghasilkan keuntungan yang menguntungkan.

Menarik, bukan? Jika dikelola dengan baik, bisnis ini tidak terlalu menguntungkan. Memilih bisnis peternakan yang tepat berdasarkan peluang yang ada. Juga, perdalam pengetahuan dan perkuat hubungan kamu agar bisnis tetap berjalan lancar. Semoga bemanfaan dan beruntung buat kamu yang sedang ingin menjalankan bisnis!