5 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba Menjelang Imlek, Apa Saja?

Advertisements

Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba Menjelang Imlek, Apa Saja? – Merayakan Tahun Baru Imlek sudah menjadi agenda sehari-hari masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Tionghoa setiap tahunnya. Dikenal juga sebagai Tahun Baru Imlek, festival ini biasanya memiliki banyak hal menarik untuk dilakukan.

Beberapa di antaranya adalah pesta atau festival bertema tradisional Tionghoa, pertunjukan barongsai, dan lainnya. Tidak jarang juga masyarakat berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan Imlek. Alhasil, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk perayaan tersebut, mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan kue dan hidangan, bahkan berdandan untuk menyambut tahun baru Imlek.

Secara tidak langsung, hal ini juga menyebabkan banyak sektor usaha mengalami lonjakan permintaan. Lantas, bisnis apa saja yang biasanya laris manis menjelang acara Imlek ini? Nah, jika ingin tahu, berikut 5 ide bisnis yang sudah disusun oleh tim Odac  yang dijamin laris manis saat Imlek.

1. Aksesori Tahun Baru Imlek

Saat Imlek, wajar jika aksesoris dan pernak-pernik bertema ini laris manis. Contoh pernak-pernik yang biasanya dijual menjelang perayaan antara lain stiker dinding, lampion, dan aksesoris petasan.

Yang terpenting adalah menyesuaikan jenis perhiasan yang dijual sebagai ide bisnis jelang Imlek, saat emas dan merah mendominasi. Pasalnya, kedua warna tersebut merupakan simbol kekayaan, keberuntungan, dan kebahagiaan bagi masyarakat Tionghoa yang merayakan tahun baru.

2. Pakaian Khas Hari Imlek

Mendekati hari H, pasti banyak orang yang mencari baju dengan ciri khas Imlek. Tak heran juga jika para pengusaha di bidang fashion memanfaatkan waktu ini untuk menimbun pakaian Imlek, karena mudah dijual jelang perayaan Tahun Baru.

Apalagi pakaian yang dicari orang tidak terbatas pada jenis produk umum seperti cheongsam. Namun, pakaian lain yang kerap dikenakan saat beraktivitas sehari-hari juga lebih banyak dicari untuk persiapan perayaan Imlek.

3. Dekorasi bunga

Selain aksesoris dan pakaian, hiasan bunga bertema Imlek pasti banyak diminati. Pasalnya, tidak sedikit orang yang menyambut tahun baru dengan mendekorasi rumahnya dengan hiasan bunga yang bisa diletakkan atau diletakkan di atas meja.

Namun perlu dipahami bahwa tidak semua jenis bunga cocok untuk hiasan dalam perayaan khas Tionghoa ini. Lili, krisan, dan bambu keberuntungan adalah jenis bunga yang tidak boleh dilewatkan menjelang Tahun Baru Imlek.

4. Buah segar

Berjualan buah segar juga bisa dijadikan ide bisnis yang menjanjikan jelang Imlek. Tidak jarang buah segar digunakan sebagai piring atau lauk saat kumpul keluarga dan sejenisnya.

Tentu saja, pilihlah varietas buah segar yang identik dengan tema atau nuansa Imlek, seperti apel, anggur, dan jeruk Poncam. Aneka jenis buah ini bisa menjadi alternatif bagi pelanggan yang ingin mengirimkan hadiah kepada kenalan dekat.

5. Kue Kering dan Cake

Ide bisnis selanjutnya adalah bisnis kue kering dan kue. Tak heran jika jajanan ini sering dijadikan sebagai jajanan favorit pada perayaan-perayaan, dimana keluarga dan sahabat serta orang-orang terdekat biasa berkumpul.

Tidak harus rumit. Ada banyak jenis jajanan dan kue kering yang biasa dibeli saat perayaan ini. Misalnya Nasta, Snow White Cake, Peanut Cake, dan Castangel adalah contoh jajanan favorit masyarakat untuk memeriahkan acara-acara tertentu.