Apa Itu Shopee Seller Center, Fitur dan Cara Daftarnya

Advertisements

Apa Itu Shopee Seller Center – Shopee seller adalah bisnis online yang menjual produk melalui marketplace Shopee. Di Indonesia, Shopee dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar dan memiliki jumlah pelanggan yang banyak.

Pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, Shopee adalah pasar yang berkembang pesat. Selain negara-negara Asia, beberapa tahun lalu Shopee membuka pintunya ke pasar AS dengan membuka operasinya di Brasil.

Marketplace tersebut dipimpin oleh Chris Feng, pria yang berhasil menjadikan Lazada dan Zalora sebagai orang besar seperti sekarang ini. Kesuksesan Shopee membuat banyak pelaku bisnis online tertarik untuk menjadi Shopee seller. Ini benar mengingat platform tersebut memiliki jutaan pengguna di berbagai wilayah di dunia.

Shopee juga bekerja keras untuk mendukung bisnis para merchant, salah satunya dengan menghadirkan Shopee Merchant Center. Apalagi bagi para pengguna bisnis online yang serius dan ingin memaksimalkan bisnisnya, ada banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh platform ini.

Shopee Seller Center dan Serta Fitur

Banyaknya pengusaha yang bergabung di Shopee menjadi salah satu alasan suksesnya marketplace yang satu ini. Untuk mendukung kelancaran bisnis kamu, Shopee seller dapat memanfaatkan Merchant Center Shopee yang lengkap dan mudah digunakan.

Merchant Center Shopee adalah platform yang dirancang untuk membuat menjalankan dan mengelola bisnis lebih mudah dan sederhana untuk Shopee seller. Ini memberi penjual peluang besar untuk mencapai penjualan tinggi setiap hari.

Selain login ke Shopee Merchant Center, Shopee seller juga dapat memanfaatkan banyak fitur yang ada di dalam Shopee Merchant Center. Semua fitur ini membuat pengelolaan toko online jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Setelah mengakses login Shopee Merchant Center, Shopee seller dapat melakukan banyak aktivitas di akun tokonya, antara lain memeriksa inventaris produk, menghitung penjualan, menerapkan strategi promosi, dan mengelola tampilan toko. Semua itu bisa dilakukan dengan bantuan berbagai fitur yang bisa ditemukan di Shopee Merchant Center.

Berikut adalah beberapa fitur hebat yang tersedia di platform Shopee Merchant Center.

1. Pengiriman

Ini merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan Shopee seller untuk mengatasi berbagai masalah terkait pengiriman barang. Ini membuatnya lebih mudah untuk memantau semua yang dikirim, memastikan semua pesanan tiba di tangan pelanggan tepat waktu.

Cukup dengan mengakses login Shopee Merchant Center, merchant dapat dengan mudah memanfaatkan setiap menu fitur pengiriman, seperti menu “Diproses” untuk melihat barang yang sedang dikirim, atau menu lainnya sesuai kebutuhan.

2. Promosi saya

Pusat Penjual Shopee juga dilengkapi dengan fitur promosi untuk membuat kegiatan promosi bisnis semudah mungkin bagi pedagang. Promosi adalah salah satu langkah paling pasti untuk kesuksesan bisnis kamui, jadi harus memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya.

Shopee seller dapat melakukan banyak hal dengan fitur ini, termasuk menerapkan pengiriman gratis, menawarkan cashback, menawarkan diskon pembelian, dan banyak lagi.

3. Keuangan

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling penting dan dapat diandalkan oleh Shopee seller. Cukup dengan memilih menu “Penghasilan Saya”, penjual dapat secara teratur memeriksa penghasilan toko mereka secara mingguan atau bulanan.

Selain itu, fitur ini juga dapat menampilkan saldo terbaru yang dimiliki merchant di toko. Selain itu, merchant dapat dengan mudah menarik saldonya ke rekening bank atau e-wallet yang terdaftar di akun tokonya.

4. Data

Fitur tunggal ini memudahkan merchant untuk melihat data terkini terkait penjualan yang terjadi di tokonya. Tidak hanya itu, merchant juga dapat mengecek performa tokonya dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini memudahkan merchant untuk melakukan evaluasi. Ini termasuk meningkatkan kinerja toko agar lebih optimal. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja tersebut, salah satunya dengan meningkatkan kegiatan promosi.

5. Pengembangan Penjual

Ini adalah fitur Shopee Merchant Center yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan penjualan terbaru toko online kamu. Informasi terkini ini dapat digunakan untuk meningkatkan performa toko jika performa toko kurang baik.

Di luar itu, fitur ini memungkinkan merchant belanja memantau data 5 besar produk terlaris di tokonya. Tentunya informasi ini memudahkan merchant untuk memilih strategi promosi dan menerapkannya dengan lebih optimal.

6. Layanan Pembeli

Ini adalah salah satu fitur unggulan Merchant Center Shopee dan membantu merchant mengelola toko mereka dengan lebih mudah, terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Ada beberapa menu yang bisa dimanfaatkan dalam fitur ini, antara lain template pesan, balasan otomatis, dan asisten FAQ. Semua itu bisa diatur sedemikian rupa sehingga merchant tidak harus online di toko selama 24 jam.

7. Toko

Fitur ini memungkinkan Shopee seller untuk melakukan perubahan yang diinginkan pada toko mereka, seperti mengganti nama toko, mengubah deskripsi toko, mengubah tampilan toko, dan lainnya.

Perubahan ini seringkali diperlukan untuk membuat seluruh toko jauh lebih menarik dan nyaman bagi pelanggan, membuat mereka tetap setia dan selalu berbelanja. Semua ini dipermudah melalui login Shopee Merchant Center yang dapat diakses merchant kapan saja.

8. Pesanan

Fitur ini memungkinkan Shopee seller untuk dengan mudah melihat semua pesanan dari pelanggannya dan segera memprosesnya. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat digunakan penjual untuk membatalkan pesanan atau mengembalikan barang dengan alasan apapun, sesuai dengan ketentuan Shopee.

Semua hal di atas dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengakses login Shopee Merchant Center kamu. Namun jika Shopee seller melakukan hal tersebut melalui aplikasi, maka Merchant tidak dapat mencetak label pengiriman.

9. Produk

Fitur ini memudahkan Shopee seller untuk mengelola semua produk di tokonya. Ini akan membuat toko terlihat lebih baik dan diperbarui setiap saat, membuat pelanggan lebih nyaman saat berbelanja.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan fitur ini, seperti menambahkan produk baru, menghapus produk yang sudah tidak relevan, dan menambahkan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai.

10. Pengaturan

Ini adalah fitur terakhir yang tersedia untuk merchant di Shopee Merchant Center. Di sini, penjual dapat mengatur berbagai pengaturan yang terkait dengan akun toko mereka, membuatnya lebih mudah dan nyaman untuk dikelola setiap saat.

Fitur ini melakukan banyak hal, antara lain mengatur bahasa yang tersedia, mengatur jadwal libur/tutup toko, mengatur pengaturan privasi, mengatur notifikasi masuk, mengatur PIN untuk penarikan saldo toko, dan lainnya.

Cara Menjadi Shopee Seller dan Daftarkan Akun

Untuk menjadi merchant di Shopee, bisnis online harus memiliki akun Shopee Merchant Center terlebih dahulu. Selain itu, akun ini digunakan untuk berjualan di platform agar bisnis online berjalan lebih mudah dan lancar.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mendaftar ke Merchant Center Shopee.

  • Kunjungi situs resmi Shopee melalui laptop atau unduh aplikasi Shopee melalui Google Play.
  • Buka situs web atau aplikasi Shopee.
  • Klik menu “Saya”.
  • Buat akun baru dengan mengklik menu “Daftar” dan isi semua data yang diminta. (Harap gunakan email atau nomor telepon yang valid untuk memastikan kelancaran proses verifikasi.)
  • Periksa kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, Email atau WhatsApp.
  • Klik menu “OK”.
  • Masukkan kode OTP dan aktifkan akun.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi.
  • Klik menu “Daftar”.

Pada tahap ini, akun Shopee sudah aktif dan siap digunakan. Untuk masuk ke akun Shopee Merchant Center kamu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Shopee
  • Klik menu “Masuk”.
  • Silahkan masukkan username dan password dengan benar.

Akun Shopee Merchant Center sudah aktif dan dapat digunakan untuk berjualan di toko yang dibuat.

Shopee Seller Center yang Praktis

Tingginya minat para pebisnis online ingin berjualan melalui platform Shopee, begitu juga dengan minat khusus marketplace yang satu ini. Shopee menawarkan Pusat Shopee seller di mana siapa pun dapat membuka dan menjual toko. Kamu dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal untuk mewujudkan cita-cita menjadi sukses dalam bisnis online kamu.