5 Software Desain Rumah untuk PC dan Laptop

Advertisements

Software Desain Rumah untuk PC dan Laptop – Dulu, untuk merancang sebuah bangunan, para arsitek menggambar cetak biru dengan tangan di atas kertas. Tentunya hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dari para arsitek juga.

Dengan kemajuan zaman, kini sudah memungkinkan untuk mendesain rumah minimalis, interior rumah atau bangunan dengan bantuan software khusus. Perangkat lunak desain arsitektur mendukung desain 2D dan 3D dari berbagai struktur arsitektur.

Selain itu, software ini menyediakan beberapa fitur otomatisasi yang memudahkan pengguna dalam mendesain bangunan. Dengan kemudahan tersebut, software tersebut dapat digunakan bahkan oleh para pemula yang mempelajari dunia arsitektur.

Jadi, inilah 5 software desain rumah rekomendasi kami untuk siapa saja yang bekerja di bidang arsitektur atau ingin belajar desain. Berbagai software tersebut dapat dijalankan secara offline di perangkat PC.

1. Chief Architect Premier

Chief Architect Premier memudahkan pembuatan sketsa rumah. Seringkali sulit bagi arsitek untuk mengkomunikasikan proyek dengan klien. Itulah mengapa Chief Architect Premier hadir sebagai solusi untuk menggambarkan desain rumah yang telah selesai dengan informasi ukuran yang detail dan ilustrasi 3D yang ditampilkan secara otomatis.

Aplikasi ini juga sangat ringan. Yang kamu butuhkan hanyalah 5GB penyimpanan yang tersisa di HDD atau SSD kamu. Selain itu, Chief Architect Premier juga tersedia untuk Windows 64-bit (7, 8, 10) dan MacOS (Catalina, Mojave, Big Sur). Pastikan laptop atau PC memiliki VGA dengan RAM 4GB dan VRAM 1GB.

Sayangnya, Chief Architect Premier memiliki harga selangit. Kamu memerlukan anggaran sebesar $2695 untuk membelinya, atau dapat menyewa perangkat lunak tersebut dengan menghabiskan $199 per bulan.

2. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2021 Mac

Jika mencari perangkat lunak desain rumah untuk MacBook atau Mac, kamu dapat menggunakan TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2021. Keuntungan utama dari aplikasi ini adalah kemudahan penggunaannya.

Pengembang aplikasi ini memiliki embel-embel Pro pada namanya, namun nyatanya mengklaim bahwa pengguna pemula sekalipun dapat mengoperasikannya tanpa keahlian khusus.

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan beberapa tab, salah satunya khusus untuk desain atap. Untuk menginstal di Mac atau MacBook, pastikan kamu memiliki versi 10.9 atau lebih tinggi.

3. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi yang sangat lengkap, semua fiturnya sempurna untuk pemula dan desainer interior profesional. Dengan ribuan model 3D yang bisa dipilih, tidak perlu lagi repot mencari model 3D di Google.

Kamu tidak hanya dapat menghidupkan ruangan di rumah, tetapi kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merancang desain beranda atau dek. Hasil rendering 3D dengan software ini juga uncanned dan kualitas teksturnya sangat tajam dan terlihat original. Aspek antarmuka yang menggunakan jendela wizard membuat navigasi menjadi mudah bagi pengguna yang tidak terbiasa menggunakan perangkat lunak pengeditan.

Maka tidak heran jika software ini memiliki kebutuhan spek PC yang tinggi. Kamu harus menggunakan VGA khusus dengan memori minimal 2 GB. Lebih besar pasti lebih baik, karena meningkatkan kecepatan dan kualitas hasil rendering model 3D. Kalaupun 4GB sudah cukup, jangan lupa pastikan kamu memiliki RAM 8GB.

Terakhir, software ini tersedia untuk sistem operasi Windows 7, 8 dan 10 dengan arsitektur 64-bit. Sedangkan kapasitas HDD membutuhkan minimal 10GB. Beli dan download perangkat lunak ini seharga $99,99! Mengklik link ini akan membawa ke halaman pembelian.

4. RoomSketcher

RoomSketcher sebenarnya adalah aplikasi gratis, tetapi menawarkan beberapa paket berbayar. Salah satunya adalah versi Pro yang menawarkan semua fitur VIP plus beberapa tambahan. Versi Pro ini akan memberi merek denah lantai terutama untuk yang mewakili perusahaan.

Versi Pro juga menawarkan penyesuaian denah lantai 3D yang lebih menakjubkan dan memungkinkan pengguna untuk melihat hasil denah lantai 360 derajat. Ada juga banyak fitur eksklusif lainnya seperti perhitungan luas kotor dan denah. Perangkat lunak ini dapat dimiliki dengan membayar $99 per tahun, tersedia untuk platform Windows, Mac dan Android dan iOS.

5. FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

Ada satu lagi aplikasi PC dan laptop yang bisa digunakan untuk mendesain rumah dan bangunan. Ini adalah Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro yang juga berperan sebagai “simulasi” rumah. Ya, pengguna bisa menggunakan fitur 360 degree online viewer, jadi tidak perlu bingung akan seperti apa hasil desainnya nanti. Ini akan menjelajahi isi rumah kamu dan mendapatkan gambaran visual yang jelas.

Aplikasi ini ditujukan untuk arsitek profesional, tetapi bahkan pemula pun dapat menikmati fitur ini. Ini karena Turbo CAD menyediakan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan. Selain itu, ada ratusan video tentang pusat pelatihan kami dan beberapa tips dan trik untuk mengembangkan keterampilan kamu dalam menggunakan aplikasi ini.

Pada $199,99, itu cukup mahal. Namun, dengan performa mesin 2D yang tinggi dan sejumlah fitur canggih seperti kemampuan untuk mengekspor dan mengimpor dalam format DWG dan DXF, aplikasi ini sangat berharga dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan laptop bisa menggunakan kartu VGA khusus dengan VRAM minimal 64 MB. Kamu bebas menggunakan apa saja asalkan CPU minimal 1 GHz dan berjalan pada arsitektur 64-bit. Ya, aplikasi ini juga berfungsi untuk beberapa versi Windows yang lebih baru seperti 7, 8 dan 10.

Ya, selain menggunakan PC, kamu juga bisa mencoba mendesain rumah melalui Android dan iOS menggunakan aplikasi yang telah diulas di sini.